Tim Mabes Polri Sempat Diminta Rp700 Ribu Saat Pura-pura Urus SIM di Satlantas Polresta Medan

Ruang tunggu di Satlantas Polresta Medan kosong melompong pascapenggerebekan Mabes Polri. (MEDANSATU.COM/ist)

MEDANSATU.COM, Medan – Sebelum melakukan penggerebekan, Tim Divisi Propam Mabes Polri telah menemukan praktik percaloan pengurusan SIM (Surat Izin Mengemudi) di Kantor Satlantas Polresta Medan.

Temuan ini merupakan pendalaman dari laporan masyarakat terkait maraknya percaloan SIM yang diterima Mabes Polri. Seorang sumber di Polresta Medan mengatakan, Kamis (1/10/2015), saat turun ke Medan Mabes Polri tak langsung melakukan penggerebekan, tapi melakukan penelusuran terlebih dahulu.

“Kemarin, Rabu (30/9/2015), ada petugas dari Mabes yang menyamar sebagai pengurus SIM. Saat berada di ruangan pendaftaran, petugas yang menyamar itu ditemui dua orang calo. Petugas yang menyamar itu lalu dibawa ke petugas pengurusan SIM. Petugas Satlantas kawan si calo itu lalu meminta uang Rp700 ribu, dan petugas yang menyamar itu dipastikan lulus dan mendapat SIM tanpa perlu ujian tertulis dan ujian praktik,” kata sumber berpangkat Bripka itu.

Setelah membuktikan maraknya percaloan di Satlantas Polresta Medan, petugas Propam Mabes Polri langsung mengamankan dua orang calo dan petugas Satlantas itu. “Tak lama kemudian anggota tim lainnya, didampingi Propam Polda Sumut masuk. Semua berkas pengurusan SIM disita, dan semua petugas yang ada di Satlantas, termasuk beberapa perwira diamankan,” tambah sumber itu.

Hingga petang tadi petugas Propam Mabes Polri masih terlihat berada di Kantor Satlantas Polresta Medan. Informasi yang beredar, mereka masih melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah perwira. Sementara pelayanan pengurusan SIM dihentikan, pintu gerbang di tutup, halaman sepi dan ruangan tunggu yang biasanya ramai dengan masyarakat pemohon SIM tampak kosong melompong. (jh siahaan/msc)

BERITA REKOMENDASI GOOGLE

Loading...
Iklan Pemko 1 Muharram
banner imaji