Soal Penggerebekan Satlantas, Kapolda Sumut: “Tanya Langsung Kapolresta Medan!”…

Kapolda Sumut, Irjen Pol Ngadino. (medansatu.com/net)

MEDANSATU.COM, Medan – Sudah dua hari ini Tim Divisi Propam Mabes Polri memeriksa puluhan petugas Satlantas Polresta Medan usai penggerebekan yang dilakukan pada Rabu petang (30/9/2015).

Mabes Polri menemukan sejumlah bukti penyimpangan pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM), mulai maraknya percaloan yang melibatkan oknum petugas hingga tarif pengurusan SIM yang tak wajar.

Terkait hal ini, MEDANSATU.COM tadi malam menghubungi Kapolda Sumut, Irjen Pol Ngadino. Namun jenderal bintang dua itu enggan memberikan keterangan. Dia meminta agar persoalan itu ditanyakan langsung kepada kapolresta Medan, Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto.

“Tanyakan langsung sama Kapolresta Medan, Kombes Pol Mardiaz SIK saja ya,” katanya. Saat disinggung mengenai hasil pemeriksaan, apakah ada kesimpulan pelanggaran atau pidana, Ngadino juga enggan menjelaskannya. “Itu (yang menggerebek Satlantas) dari Mabes Polri dan saya belum tahu,” tambahnya.

Saat didesak tentang jumlah perwira dan personel Satlantas Polresta Medan yang diamankan dan diperiksa Tim Divisi Propam Mabes Polri, Irjen Pol Ngadino juga mengatakan tidak tahu. “Saya tak tahu, karena saya baru pulang dari Simalungun. Untuk lebih pastinya, silahkan tanya ke Kapolresta Medan saja,” pintanya.

Atas permintaan Kapolda Sumut, MEDANSATU.COM kemudian mengontak Kapolresta Medan Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto. Namun yang bersangkutan menolak mengangkat teleponnya, meski terdengar nada sambung aktif. SMS yang dikirimkan ke nomor ponselnya, juga tak dibalas hingga pagi ini. Hal yang sama juga terjadi saat MEDANSATU.COM mengontak Wakapolresta Medan AKBP Yusuf Hondawantri Naibaho SIK MSi.

Demikian juga dengan Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Helfi Assegaf. Padahal sebelumnya, Kabid Propam Polda Sumut Kombes Pol Makmur Ginting, meminta MEDANSATU.COM meminta penjelasan kepada Kabid Humas Polda Sumut. “Silahkan tanya dan konfirmasi ke Kabid Humas Polda Sumut saja,” kata Makmur Ginting.

Baca juga
Kadisdik Taput Pungli Dana BOS, Ini Penjelasan Kapolda dan Gubernur Sumut...

Sebelumnya, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Anton Charliyan mengatakan, keberadaan Tim Divisi Propam Mabes Polri ke Satlantas Polresta Medan untuk mengusut dugaan penyimpangan dan percaloan SIM. “Pemeriksaan terkait harga SIM dan lain-lainnya yang dirasa tak wajar,” ucapnya.

Sementara Kasat Lantas Polresta Medan, Kompol M Hasan SIK, tetap membantah ada penggerebekan Mabes Polri dan pemeriksaan di institusinya terkait maraknya percaloan SIM. “Tak ada apa-apa mas,” jawabnya. Saat didesak tentang kronologis penggerebekan dan siapa saja petugas yang diamankan, Hasan tak bersedia memberikan keterangan. “Tak ada mas. Masih aman,” jawabnya lagi. (jh siahaan)

BERITA REKOMENDASI GOOGLE

Loading...
Iklan Pemko 1 Muharram
banner imaji