Tahun Ini Pemko Medan Bangun Jalan Baru 16 Km Dari Medan Johor Tembus ke Medan Tuntungan

Ilustrasi. (medansatu.com/ist)

MEDANSATU.COM, Medan – Untuk mengatasi kemacetan di Kota Medan seiring dengan tingginya pertumbuhan kendaraan bermotor, Pemko Medan tahun ini membangun jalan baru sepanjang 16 Kilometer (Km).

Jalan baru itu akan menghubungkan Jalan Jamin Ginting di Kelurahan Laucih, Kecamatan Medan Tuntungan, dengan Jalan Eka Surya, Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor.

“Jalan baru itu sepanjang 16 Kilometer, dari Jalan Eka Surya Tembus ke Jalan Pintu Air, Keluarahan Kuala Bekala, Medan Johor, sebelah Kampus Al-Azhar, lalu menyerong ke arah Jalan Jamin Ginting di Kelurahan Laucih, Medan Tuntungan,” kata Kadis Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB), Sampurno Pohan, kepada medansatu.com, Sabtu (20/2/2016).

Kadis TRTB Medan Sampurno Pohan. (medansatu.com/ist)

Kadis TRTB Medan Sampurno Pohan. (medansatu.com/ist)

Sampurno mengatakan, rencana jalan baru ini telah dikoordinasikan dengan Pemprov Sumut dan Pemkab Deliserdang, karena sebagian lahan yang akan dibebaskan untuk pembangunan jalan tersebut ada yang menjadi wilayah Pemkab Deliserdang.

“Sudah dikoordinasikan dengan pihak terkait dan instansi vertikal. Sosialisasi kepada warga telah dilakukan, pertengahan tahun ini pembayaran ganti rugi lahan akan dilakukan. Kita berharap warga pemilik lahan yang akan dibebaskan mendukung pembangunan jalan baru ini,” tambah Sampurno.

Dengan pembangunan jalan baru ini, kemacetan yang kerap terjadi di sepanjang Jalan Ginting hingga ke perbatasan Deliserdang di Kecamatan Pancurbatu bisa diurai.

Kendaraan yang akan menuju Medan Amplas atau Petumbukan-Galang-Dolok Masihul-Tebingtinggi, bisa melalui jalan ini. Pasalnya jalan ini akan terhubung dengan jalan lingkar selatan Medan-Namorambe-Delitua-Birubiru, Galang yang tahun lalu telah dilakukan sosialisasi pembangunannya oleh Pemprov Sumut. (herdiansyah talib)

BERITA REKOMENDASI GOOGLE

Loading...
banner imaji
Web Analytics