Pakai Tangan Kosong, Inilah Aksi Heroik Kopda Andre Lumpuhkan Pelaku Penikaman KM Belanak

Pelaku penikaman, Talimbowo Laia alias Ama Roba, juga ikut dirawat di RSUD Gunung Sitoli karena terluka saat diamankan. (medansatu.com/facebook/irwanto hulu)

MEDANSATU.COM, Medan – Aksi heroik anggota TNI Kopda Andre melumpuhkan pelaku penikaman 10 orang penumpang Kapal Motor (KM) Belanak rute Sibolga-Gunungsitoli, Sumut, dikisahkan oleh Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) I Bukit Barisan, Kolonel (Inf) Enoh Solehuddin, Jumat (11/3/2016).

Menurut Enoh, Kopda Andre melumpuhkan pelaku penikaman, Talimbowo Laia, dengan tangan kosong. Keberadaan Kopda Andre di kapal itu dalam rangka mengawal ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana. “Kopda Andre berada di dalam kapal karena mendampingi ibu-ibu Persit setelah kunjungan ke Korem. Mereka menumpang KM Belanak untuk kembali ke Gunung Sitoli,” katanya.

Berita sebelumnya, Talimbowo alias Ama Roba mengamuk di KM Belanak saat kapal mendekat ke Pelabuhan Angin, Kota Gunung Sitoli sekira pukul 05.00 WIB pagi tadi. Dari 10 orang korban luka, satu di antaranya merupakan anak-anak berusia 12 tahun.

Enoh mengatakan, dalam kondisi mabuk minuman keras, pelaku tiba-tiba melakukan pemerasan terhadap penumpang kapal lainnya. Karena tak diberi, ia langsung menikamkan pisau yang dipegangnya. Melihat hal itu, penumpang lainnya berusaha menghentikannya, tapi malah menjadi korban.

“Melihat aksi brutal pelaku, Kopda Andre pun bertindak. Ia melumpuhkan pelaku dengan tangan kosong lalu mengikatnya,” jelas Enoh.

Ketika kapal merapat ke pelabuhan, Kopda Andre menyerahkan pelaku kepada petugas di pelabuhan yang selanjutnya diserahkan ke Polres Nias. Enoh mengatakan, pihaknya memberi apresiasi positif kepada Kopda Andre. Namun dia belum merinci penghargaan apa yang akan diberikan. (msc)

BERITA REKOMENDASI GOOGLE

Loading...
banner imaji
Web Analytics