Range Rover Evoque KW Buatan China Banjiri Pasar, Dijual Murah…

Landwind X7 buatan China. (foto: ist/net)

MEDANSATU.COM, China – Mobil Range Rover Evoque jiplakan atau KW produksi China laris manis di pasaran. Mobil dengan merek dagang ‘Landwind X7’ tersebut merupkan produksi patungan Jiangling Motor dan Changan Auto.

Mobil ini laris manis karena dijual murah, jauh dari harga mobil aslinya. Padahal desain dan fitur di dalamnya sangat mirip. Moncernya penjualan Landwind X7 juga membuat Chief Executive Officer Jaguar Land Rover (JLR), Ralf Speth, sangat jengkel.

Karena di sisi lain, JLR sangat dirugikan dengan aksi kloning Landwind X7. Pada pameran otomotif Shanghai Auto Show, mereka bahkan terang-terangan memajang empat model dari Landwind dan sukses menyita banyak perhatian publik.

“Kami mengakui JLR tidak membuat kemajuan setelah adanya X7 yang dibuat secara ilegal. Sementara mereka, merek China itu memiliki banyak kesuksesan dengan X7,” kata Speth seperti dilansir Autonews.

“Mereka melakukannya dengan sangat baik, ini mobil yang bagus, kita tahu, ini mobil kita,” tambahnya seperti dikutip dari viva.news, Jumat (7/7/2017).

Ini jelas merupakan masalah yang sangat menyebalkan bagi Land Rover, terutama dengan harga X7 yang hanya sepertiga dari banderol asli Range Rover Evoque.

Sementara Matt Gasnier, pemilik agregator penjualan global Bestsellingcarsblog.com menyatakan, X7 menyumbang sebagian besar penjualan Landwind. Pada 2016 saja, mereka berhasil menjual X7 sebanyak 80.002 unit.

Jalan JLR untuk mematikan X7 belakangan nampak dibuat makin sulit setelah tahun lalu pihak berwenang China tiba-tiba membatalkan hak paten Land Rover terhadap Evoque.

Rupanya, paten ini dibatalkan karena desain Evoque dianggap telah dipamerkan di depan umum setahun sebelum paten desain diajukan. Landwind X7 juga mendapat mesin empat silinder berkapasitas 1.5 liter dan dilengkapi dengan turbocharged.
Tenaga yang dihasilkan adalah 160 daya kuda. Mereka juga siap memasarkan X7 dengan mesin lebih besar, 2.000cc. Sementara untuk X7 dengan mesin 1.5 liter, dijual dengan harga 100 ribu yuan atau setara Rp 196 jutaan.

Padahal, harga asli Range Rover Evoque adalah 40 ribu poundsterling atau setara Rp 750 jutaan. (sumber: vivanews)

BERITA REKOMENDASI GOOGLE

Loading...
banner imaji
Web Analytics