Aksi ‘Bumbung Kemanusiaan’ Pramuka Untuk Muslim Rohingya…

(medansatu.com/istimewa)

MEDANSATU.COM, Jakarta – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka kembali melakukan aksi kemanusiaan untuk membantu pengungsi Rohingya di Rakhine State, Myanmar.

Kali ini dengan menggelar aksi “Bumbung Kemanusiaan.” Aksi Bumbung adalah cara unik Pramuka menggalang dana kepedulian untuk sebuah tujuan tertentu. Dahulu, aksi ini biasanya menggunakan media bambu untuk menampung dana yang dikumpulkan.

“Setiap anggota Pramuka memiliki rasa kepedulian. Makanya kita sebut ini Bumbung Kemanusiaan, karena hasilnya nanti disalurkan untuk membantu pengungsi Rohingya,” ujar S Budi Prayitno, Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Pembinaan Anggota Muda (Binamuda) dalam konferensi pers, Rabu (6/9/2017).

Budi mengajak seluruh anggota Pramuka dan masyarakat secara umum, untuk tidak ragu-ragu dalam membantu pengungsi Rohingya lewat “Bumbung Kemanusiaan” ini. Caranya mudah, berapapun jumlahnya, cukup transfer ke rekening pramuka peduli dan/atau kumpulkan donasinya terlebih dahulu di masing-masing Kwartir (Ranting/Cabang/Daerah) untuk kemudian dikirim ke rekening Pramuka Peduli. Setelah itu, konfirmasi ke tim Pramuka Peduli.

“Aksi ini juga merupakan implementasi dari salah satu Dasa Darma Pramuka, yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia,” tambah Budi Prayitno.

Sebelumnya, Kwarnas Gerakan Pramuka telah mengirim relawan dan bantuannya ke Rakhine State, Myanmar pada 29 Agustus 2017 lalu. Yaitu menyalurkan hewan kurban sebanyak 9 ekor sapi dan 15 ekor kambing, serta sejumlah bantuan bahan pangan seperti beras, lauk pauk, oil cooking, susu, biskuit, coklat, dan air bersih juga dibagikan di camp pengungsian.

“Hari Jumat, 1 September 2017, pukul 6 pagi, saya masuk ke beberapa kamp pengungsian, yaitu Shan Tho Lee Camp, Lamache Village, Phia Lhe Song Village. Alhamdulillah, di tiga lokasi itu pendistribusian bantuan berlangsung aman dan lancar,” kata Eko Sulistio, Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana (Abdimasgana), yang terjun langsung ke Myanmar.

BERITA REKOMENDASI GOOGLE

Loading...
Iklan Pemko 1 Muharram
banner imaji