Inilah Jenderal di Balik Pembantaian Muslim Rohingya

Jnderal Min Aung Hlaing. (foto: reuters)

MEDANSATU.COM, Jakarta – Inilah jenderal yang paling bertanggung jawab atas pembantaian genosida muslim Rohingya.

Jenderal Senior Min Aung Hlaing, panglima tertinggi angkatan bersenjata Myanmar, memegang kendali terhadap seluruh pasukan.

Sementara Aung San Suu Kyi sama sekali tak memegang kendali atas pasukan. Seluruh kesatuan militer di Myanmar di bawah komando Jenderal Min.

Seperti dilansir merdeka.com, Kamis (7/9/2017), Myanmar tak pernah sepi dari aneka pemberontakan bersenjata. Ada saja daerah yang ingin memerdekakan diri dari pemerintah di Yangon dan Naypyidaw.

Junta militer tak mengenal kompromi. Operasi militer adalah jawaban dari semua suara ketidakpuasan. Tak cuma gerilyawan yang dibunuh, warga sipil juga harus merasakan tindakan represif Tatmadaw, sebutan untuk militer Myanmar.
Mulai dari relokasi paksa, pembunuhan, pemerkosaan dan kerja paksa di bawah militer. Saat tentara Myanmar menumpas gerakan Nasionalis Karen di Kayin tahun 2006, diperkirakan setengah juta warga sipil ikut merasakan dampaknya.

Pasukan Myanmar juga berperang dengan Tentara Kemerdekaan Kachin dan perlawanan bersenjata di Kokang tahun 2014 dan 2015 lalu.

Loading...
Iklan Pemko 1 Muharram
banner imaji