33 Batalyon Militer Myanmar Habisi Rohingya, Ini Struktur Komandonya…

(foto: ist/net)

MEDANSATU.COM, Myanmar – Ini struktur komando militer Myanmar yang membantai warga muslim Rohingya dengan alasan menghabisi militan Rohingya Arakan (ARSA).

Aksi militer ini penuh dengan pelanggaran HAM pada warga sipil. Sejumlah wanita diperk0sa bergilir dan desa-desa dibakar. Sejumlah saksi mata juga menyebut tentara Myanmar melakukan pembunuhan massal.

Ratusan ribu etnis Rohingya mengungsi ke hutan-hutan di perbatasan dengan Bangladesh. Operasi militer ini digelar oleh Komando Pasukan Barat yang dikomandani oleh Mayor Jenderal Maung Soe.

Secara hirarki dia melapor pada Biro Operasi khusus di Naypyidaw yang langsung memiliki akses pada Panglima Tertinggi Jenderal Senior Min Aung Hliang.

Seperti dilansir merdeka.com, Jumat (8/9/2017), kekuatan Komando Pasukan Barat tidak main-main. Ada 33 batalyon infanteri yang disebar di tiga divisi.
Kekuatan ini ditambah dengan batalyon artileri, kavaleri lapis baja dan dukungan medis serta bantuan logistik dan komunikasi.

Satu batalyon rata-rata berisi 500 orang. Total kekuatan Komando Pasukan Barat ini tak kurang dari 15.000 personel dengan ratusan tank, ranpur lapis baja dan meriam medan.

BERITA REKOMENDASI GOOGLE

Loading...
Iklan Pemko 1 Muharram
banner imaji