Majelis Hakim Dilmiltama Vonis Letkol Ade Divonis 4 Tahun Penjara…

Ilustrasi (medansatu.com/ist)

MEDANSATU.COM, Jakarta – Majelis hakim Pengadilan Militer Utama (Dilmiltama) Jakarta menjatuhkan hukuman 4 tahun penjara kepada Letkol Ade Rizal Muharram.

Putusan ini lebih berat dari vonis Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya menjatuhkan hukuman 3 tahun penjara kepada perwira menengah (pamen) tersebut.

Vonis ini dijatuhkan karena Letkol Ade dinilai majelis hakim terbukti bersalah melakukan pembunuhan terhadap ajudannya, Kopka Andi Pria Dwi Harsono.

Mantan Dandim Lamongan itu nekat membunuh korban karena menduga sang ajudan telah mencabuli putrinya yang berusia 4 tahun.

Korban disekap dan dianiaya pada Oktober 2014. Korban lalu digantung, sehingga seolah-olah korban tewas karena gantung diri.

Atas perbuatannya, Letkol Ade akhirnya diproses secara hukum. Pada 28 Desember 2016, Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya menjatuhkan hukuman 3 tahun penjara.

Di tingkat banding, Dilmiltama Jakarta memperberat hukuman Letkol Ade. “Menyatakan Ade Rizal Muharam Letkol Inf terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pembunuhan. Mempidana terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 4 tahun.”

Demikian putusan majelis hakim Dilmiltama Jakarta seperti dikutip dari website Mahkamah Agung (MA), Selasa (12/9/2017). Duduk sebagai ketua majelis Laksma TNI Bambang Angkoso W dengan anggota Laksma TNI Sinoeng Hardjanti dan Brigjen TNI Agus Dhani Andaladikari.

“Menetapkan selama waktu terdakwa berada dalam tahanan dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan,” demikian bunyi putusan tersebut. (sumber: */MA/DC)

Loading...
banner imaji
Web Analytics