Harimau Jawa Tertangkap Kamera Mangsa Banteng, Belum Punah Rupanya?

(foto: Balai Taman Nasional Ujung Kulon via detik)

MEDANSATU.COM, Banten – Seekor Harimau Jawa (diduga) tertangkap kamera sedang memangsa banteng di Taman Nasional Ujung Kulon. Ini merupakan bukti harimau yang disebut telah punah sejak puluhan tahun lalu itu masih ada.

Bukti indikasi masih adanya Harimau Jawa (Panthera Tigris Sondaica) didapatkan Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) menemukan indikasi masih hidupnya harimau Jawa yang dinyatakan punah puluhan tahun lalu.

Kepala Balai TNUK Mamat Rahmat mengatakan, indikasi Harimau Jawa belum punah ditemukan saat para pegawai melakukan inventarisasi banteng di Padang Pengembalaan Cidaon pada Jumat (25/8/2017) lalu.

Saat itu, mereka melihat kucing besar sedang memangsa bangkai banteng. Dari perawakannya, kucing besar tersebut lain dari yang biasa ditemui.

“Kawan-kawan melihat ada binatang kucing besar, tapi dengan lorengnya itu sedikit berbeda dengan macan tutul yang dijumpai teman-teman di Ujung Kulon. Akhirnya difoto, diduga apakah ini macan tutul Jawa atau kucing besar lainnya, misalnya Harimau Jawa,” katanya, Rabu (13/9/2017).

Sebelum dinyatakan punah, karnivora terbesar di Pulau Jawa ini memang punya habitat di Ujung Kulon. Pihak balai sendiri, menurut Mamat, berharap Harimau Jawa masih ada.

Dari tampilan gambar yang didapat, pihak balai harus memastikan apakah hewan tersebut harimau Jawa atau macan tutul yang mengalami kelainan genetik atau dari jenis kucing lain.

“Dulu memang habitat Harimau Jawa, tapi kan hilang dinyatakan punah oleh LIPI. Kita berharap mudah-mudahan masih ada,” ujarnya. (sumber: detik.com

BERITA REKOMENDASI GOOGLE

Loading...
Iklan Pemko 1 Muharram
banner imaji