Kabar Gembira! Polda Sumut Berikan Hadiah untuk Pengedara yang Patuhi Lalulintas…

Kombes Heru P. (foto: istimewa)

MEDANSATU.COM, Medan – Ini kabar baik untuk pengendara kendaraan bermotor di Sumatera Utara (Sumut). Polda Sumut akan memberikan hadiah bagi pengendara yang tertib dan mematuhi peraturan lalulintas.

“Nanti ada yang mensurvei pengendara yang tertib itu. Ada yang memfoto dan program ini sudah kita mulai. Per hari kita ambil 3 orang dan sebulan 96 orang. Bagi pengendara yang tertib, akan kita beri hadiah. Per 3 bulan akan kita undang untuk membahas ketertiban berlalu lintas,” kata Dirlantas Polda Sumut, Kombes Pol Raden Heru P, kepada wartawan, Rabu petang (13/9/2017).

Langkah ini dilakukan untuk menstimulasi pengguna jalan agar tertib dan selalu mematuhi peraturan lalulintas. Pasalnya saat ini kesadaran berlalulintas di Sumut masih tergolong rendah.

Kombes Heru mengatakan, per hari terjadi 17-18 kecelakaan lalulintas (lakalantas) di Sumut pada 2016 dan sedikit menurun pada 2017 menjadi 14-15 lakalantas. Dari jumlah itu korban tewas mencapai 4-5 orang dengan korban luka 7-8 orang per hari.

Dia mengatakan, bila dikalkulasikan angka kematian akibat laka lantas di Sumut 1 orang setiap 6 jam. “Bahkan data yang dirilis WHO, Indonesia urutan ke-5 terbesar dalam angka kecelakaan lalulintas,” sebutnya.

Dijelaskannya, pengendara yang terpilih dan diberi hadiah akan dijadikan duta lalulintas dan dibuatkan grup. Ini bertujuan agar mereka bisa mempengaruhi orang lain untuk tertib berlalulintas, minimal di lingkungankeluarganya.

“Selain membahas ketertiban berlalu lintas sekaligus silaturrahmi, mereka nantinya sebagai ikon. Kalau saja 10-50 persen mereka betul-betul dan care, bisa mempengaruhi orang lain untuk tertib berlalu lintas, seperti berani menegur para pengguna lain yang lalai, kita yakin pengendara di Sumut ini khususnya Kota Medan, pasti jauh lebih baik,” imbuhnya.

Baca juga
Blaarrr!... 4 Warga Aek Natas Labura Tewas Terpental, Innalillah...

Selain program jangka pendek dengan menyeleksi dan mencari pengendara jalan yang tertib berlalu lintas, Kombes Heru juga akan memastikan program jangka panjang mengenai pengetahuan tertib berlalu lintas di sekolah.

“Saya sudah buat wacana di sekolah untuk ikut rapat mengenai pembahasan kurikulum pendidikan berlalu lintas, inilah program jangka panjang kita. Intinya, kita meminimalisir dan mengimbau agar anak sekolah sepatutnya tidak berkendara,” sebutnya. (suheri)

BERITA REKOMENDASI GOOGLE

Loading...
Iklan Gerak Jalan
banner imaji
Web Analytics