Rutin Minum Kopi Bikin Panjang Umur, Mitos atau Fakta? Ternyata…

(ilustrasi/ist)

MEDANSATU.COM, Medan – Minum kopi merupakan ritual wajib bagi beberapa orang. Alasannya beragam, dari teman makan roti sampai untuk meningkatkan semangat.

Tak sedikit orang yang percaya kopi bisa menambah stamina. Semua alasan benar asal meminumnya dengan takaran yang pas.

Bahkan, menurut studi terbaru yang disampaikan dalam European Society of Cardiology baru-baru ini, kopi dipercaya bisa menurunkan risiko kematian dini.

Studi observasi yang dilakukan terhadap 20 ribu responden itu menunjukkan bahwa kopi bisa menjadi salah satu alternatif minuman sehat.

Adela Navarro, ahli jantung dari Hospital de Navarra di Pamplona, Spanyol, dan timnya memulai penelitian tersebut dari fakta bahwa kopi merupakan minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia.

Mereka pun mencoba menguji hubungan antara konsumsi kopi dan risiko mortalitas pada kelompok setengah baya (rata-rata di atas 37 tahun) di kawasan Mediterania daerah Eropa Selatan, Portugal, dan Spanyol; serta Afrika Utara, seperti Maroko dan Aljazair.

Studi yang termasuk bagian proyek jangka panjang Seguimiento Universidad de Navarra ini merupakan yang pertama mengungkap kaitan kopi dan mortalitas di daerah tersebut.

loading...
Loading...
banner imaji
Loading...