Wow! Sabu 30 Kg Sempat Dikubur Pelaku, 10 Kg Disimpan di Speed Boat…

Barang bukti sabu disembunyikan pelaku dengan cara dikubur. (medansatu.com/ist)

MEDANSATU.COM, Medan – Tim gabungan BNN dan Bea Cukai kembali berhasil mengungkap penyelundupan narkotika jenis sabu seberat 40 Kg. Selain mengamankan barang haram itu, petugas juga mengamankan 4 tersangkanya.

Deputi Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari membenarkan penangkapan penyelundupan sabu. “Penangkapan dilakukan selama dua hari, Rabu-Kamis (10-11/1/2018),” katanya kepada wartawan di Medan melalui ponsel.

Barang bukti speed boat. (medansatu.com/ist)

Dijelaskannya, penangkapan dilakukan di dua lokasi terpisah. Pertama di Desa Bagok Panah, Kecamatan Darul Aman, Aceh Timur, Aceh, Rabu (10/1/2018). Dari tempat ini diamankan tersangka Ramli dengan barang bukti 30 Kg sabu.

Sedangkan lokasi penangkapan kedua di alur sungai Desa Bantayan, Kecamatan Nurusalam, Aceh Timur, Aceh, pada Kamis (11/1/2018). Di tempat ini petugas mengamankan barang bukti 10 Kg sabu dengan tersangka Amri, Junadi dan Syaifinur.

Irjen Arman Depari kemudian menjelaskan kronologi penangkapan. Awalnya petugas mendapat informasi pada Rabu akan ada penyelundupan narkotika jenis sabu kristal seberat kurang lebih 40 Kg ke Aceh melalui jalur laut.

Narkotika itu diselundupkan dari Penang, Malaysia dengan menggunakan perahu motor/spead boat menuju Idi Rayeuk, yang dipecah menjadi 2 bagian. Sebanyak 30 Kg dibawa ke Desa Bagok Panah.

Petugas BNN langsung melakukan pengejaran dan berhasil menangkap tersangka. Barang bukti disembunyikan pelaku dengan cara dikubur (ditanam) di halaman rumah. Pengembangan pun dilakukan, dan ditemukan lagi sabu seberat 10 Kg yang disembunyikan di dalam speed boat.

“Total BB (barang bukti) narkotika jenis sabu yang disita sebanyak 40 Kg dengan 4 tersangka. BB lain yang disita antara lain kendaraan roda dua, spead boat, alat komunikasi, GPS,” tambahnya.

Menurutnya, saat ini petugas masih melakukan pengejaran terhadap pengendali jaringan narkotika asal Malaysia ini, yaki Dek Bat. “Para tersangka dan barang bukti saat ini diamankan di Kantor BNN Kota Langsa untuk proses lebih lanjut,” tandasnya. (angga)

loading...
Loading...
banner imaji
Loading...