Ini Cara Ngopi yang Benar Biar Anda Tetap Sehat

Barista kopi. (foto: sumber/idntimes)

MEDANSATU.COM – Para pencinta kopi tak sehari pun melewatkan minuman pahit ini. Sayangnya, sejumlah penelitian mengungkapkan minum kopi tak baik bagi kesehatan. Apalagi terlalu sering.

Sebenarnya apa sih manfaat minum kopi di balik bahaya meminumnya? Menurut seorang ahli gizi Dr Bibi Chia di Oasia Novena Living Room Club Lounge menyebutkan, tak perlu menghentikan kebiasaan ngopi. Hanya saja harus memperhatikan caranya. Setidaknya memperhatikan kandungan kopi.

Berikut agar kopi yang Anda minum tetap sehat seperti dilansir batamnews.co.id (grup medansatu.com), Minggu (10/12/2017):

Kopi Murni

Apa pun bentuk campuran yang Anda masukkan ke dalam secangkir kopi ternyata sangat berpengaruh. Jauhkan kopi Anda dari krim dan susu, terutama susu kental manis. Sebab, susu kental manis mengandung banyak lemak dan gula yang sangat tidak disarankan untuk kesehatan.

Kopi 3 in 1

Selain praktis, kopi instan juga sangat lezat untuk diminum. Hanya saja, kopi ini ternyata lebih banyak mengandung gula dan krim nonsusu yang tidak sehat. Bahkan biji kopi seringkali dipanggang dengan menggunakan margarin dan gula pada suhu tinggi yang berpotensi menyebabkan kaner karrsinogenik.

Gunakan Filter

Secara umum kopi hitam dikenal lebih menyehatkan dibandingkan dengan kopi lainnya. Tanpa tambahan lemak dan gula, kopi hitam merupakan minuman bebas kalori, lemak dan bebas gula yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Menurut Bibi, cara terbaik untuk menyeduh kopi hitam adalah dengan menggunakan filter pour overatau drip. Filter ini akan membantu menyaring senyawa berminyak yang menjadi faktor pemicu meningkatnya kadar kolesterol. (*/bbs)

loading...
Loading...
Polsek Medan Kota M
Polsek Percut M
banner imaji
Loading...