Agar Tak Disalahgunakan, Ini Cara Cek Status Registrasi Nomor HP Anda

(ilustrasi/ist)

MEDANSATU.COM, Jakarta – Kementerian Kominfo menjamin keamanan data identitas kependudukan yang digunakan untuk mendaftarkan nomor telepon.

Hanya, masyarakat tetap harus berhati-hati terhadap penyalahgunaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

Menkominfo Rudiantara menyatakan, tak ada kebocoran data dalam proses pendaftaran nomor telepon seluler, baik pada operator, maupun pemerintah. “Enggak ada data yang bocor, pelanggan pasca bayar juga enggak ada yang komplain,” kata Rudiantara di Jakarta seperti dikutip dari uzone.id, Kamis (8/3/2018).

Hanya, ia tak menutup kemungkinan adanya nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) yang disalahgunakan oleh oknum untuk mendaftarkan nomor kartu prabayarnya. “Kemungkinan yang bocor adalah data NIK dan KK dari fotokopi yang beredar di internet dan disalahgunakan orang lain,” ujarnya.

Untuk itu, ia mengimbau masyarakat agar memeriksa status pendaftaran nomor prabayarnya melalui situs internet, maupun pesan singkat ke operator masing-masing. Jika ada yang menemukan nomor identitasnya digunakan oleh pihak lain, masyarakat dapat melaporkannya ke gerai operator untuk ditindaklanjuti.

Berikut adalah cara mengecek status registrasi nomor pada masing-masing operator:

Telkomsel: via website: https://www.telkomsel.com/cek-prepaid

loading...
Loading...
Loading...