Kunjungi Australia, Ini Investasi yang Ditawarkan Gubernur Sumut, Danau Toba juga…

Tengku Erry saat bertemu Konjen RI untuk negara bagian Victoria dan Tasmania, Spica Alphanya Tutuhatunewa di Kota Melbourne. (foto: Humas Pemprov Sumut)

MEDANSATU.COM, Australia – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Tengku Erry Nuradi bertemu Konsul Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI) untuk negara bagian Victoria dan Tasmania, Spica Alphanya Tutuhatunewa di Kota Melbourne, Australia, Rabu (14/3/2018), waktu setempat.

Pertemuan itu guna menjajaki kerjasama di sejumlah bidang antara Provinsi Sumut dengan negara-negara bagian di Australia. Gubernur didampingi Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Utara, Evi Diana Sitorus. Sementara, Spica didampingi Wakil Konjen, Zaenal Arifin dan sejumlah staf.

Tengku Erry dalam kesempatan itu mengharapkan hubungan Australia dengan Indonesia, khususnya negara-negara bagian di Australia dengan Sumatera Utara lebih ditingkatkan serta dikembangkan.

“Kita tahu, warga Indonesia yang ada di Australia lebih kurang 16 ribu orang yang sebagian besar mahasiswa. Program beasiswa dan pertukaran pelajar ke depannya mestinya ditingkatkan lagi,’’ ucap Tengku Erry dalam keterangan tertulis yang diterima medansatu.com, Kamis (15/3/2018).

Ia pun yakin, selain pendidikan, kerjasama di bidang-bidang lainnya sangat potensial dijajaki, seperti bidang kesehatan dan pariwisata. “Di bidang kesehatan, kita tadi telah mengunjungi rumah sakit The Royal Melbourne Hospital, melihat infrastruktur dan sarana serta pra sarana lainnya,’’ sebut Erry.

Sementara di bidang pariwisata, Sumut antara lain menawarkan Danau Toba yang saat ini sedang dikembangkan menjadi wisata internasional. “Kita berharap, investor Australia bisa ikut berinvestasi mengembangkan wisata tersebut,” tutur Erry seraya menyebutkan bahwa Sumut telah memiliki 2 bandara internasional, yakni Kualanamu dan Silangit yang jaraknya tidak jauh dengan Danau Toba.

Seperti diketahui perusahaan asal Australia telah menanamkan investasinya di Sumatera Utara yakni tambang emas Agincourt Resources yang berada di Kabupaten Tapanuli Selatan. “Kita berharap Ibu Konjen bisa membantu mempromosikan dan mengajak investor asal Australia lainnya untuk menjalin kerjasama-kerjasama atau menanamkan investasinya di Sumatera Utara,” tutupnya. (rel/herdi)

loading...
Loading...
Polsek Medan Kota M
Polsek Percut M
Loading...