18 Tahun Hilang, TKI Banyumas Akhirnya Ditemukan di Inggris, Majikannya…

Parinah di-BAP di KBRI London. (foto: tempo.co)

MEDANSATU.COM, Jateng – Akhirnya, Parinah (50), tenaga kerja Indonesia (TKI) yang hilang selama 18 tahun ditemukan di Inggris. Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI pun memastikan akan segera memulangkannya ke tanah air.

Dilansir kompas.com, Dirjen Perlindungan WNI Kemenlu, Lalu M Iqbal menuturkan, Kemenlu juga akan memastikan hak-hak Parinah bisa terpenuhi. Parinah ditemukan di Inggris pada 5 April 2018.

Atas permintaan KBRI London, kepolisian setempat berhasil mengeluarkan Parinah dari rumah majikannya di Brighton, Inggris. “Tinggal pemenuhan hak dan kepulangannya saja,” ujar Iqbal, Selasa (10/4/2018).

Iqbal juga menegaskan masalah yang dialami oleh Parinah telah ditangani dengan baik oleh otoritas keamanan setempat. “Masalahnya sudah ditangani dengan baik oleh aparat hukum di Inggris,” terangnya.

Sebelumnya Kabid Pengembangan dan Perluasan Kesempatan Kerja Penempatan Kerja dan Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Banyumas, Agus Widodo mengatakan, kasus ini akhirnya terbongkar setelah anak korban, Parsin (33), melapor pada 29 Januari 2018.

Parsin yang datang bersama adiknya melapor ke Badan Pelayanan, Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP4TKI) Cilacap. Dari laporan itu, pada 18 Maret 2018, Disnakertrans menindaklanjuti koordinasi dengan Bagian Perlindungan Warga Negara Indonesia dan BHI Kementerian Luar Negeri.

loading...
Loading...
Polsek Medan Kota M
Polsek Percut M
banner imaji
Loading...