Lawan China, Taiwan Beli Tank Abrams dari AS

Tank Abrams. (foto: military.com)

MEDANSATU.COM – Untuk mengantisipasi agresi China, Taiwan sedang mempertimbangkan untuk membeli tank M1A2 Abrams dari Amerika Serikat (AS). Tank ini dipersiapkan untuk melawan China, jika negara itu benar-benar akan dianeksasi.

Rencana pembelian tank tempur disampaikan Menteri Pertahanan Taiwan, Yen Teh-fa, di hadapan panel anggota parlemen seperti dilansir Central News Agency, Rabu (2/5/2018). Rencana Taipei ini berpotensi memicu ketegangan baru dengan Beijing.

“Mencatat bahwa tank Abrams dapat berfungsi sebagai kekuatan kunci untuk mempertahankan pantai dan mengalahkan musuh di pantai,” kata Yen.

Menurutnya, militer Taiwan saat ini sedang mengevaluasi rencana pembelian perangkat keras dari AS. Evaluasi nilai dan jumlah dari pesanan yang potensial, kata Yen, akan selesai pada akhir tahun ini.

Pemimpin pertahanan Taiwan itu percaya bahwa wilayahnya pulau harus meningkatkan kekuatan militernya ketika China terus meningkatkan manuver militernya di Selat Taiwan.

“Dalam satu atau dua bulan, China akan mengadakan pelatihan militer jarak jauh dan meningkatkan operasi pasukan gabungan ketika terlibat dalam kegiatan seperti itu di perairan dekat Taiwan,” ujar Yen.

loading...
Loading...
Loading...