Ini Kesan 34 Siswa SMA Papua Barat Selama 7 Hari di Sumut, Katanya Medan Seperti…

(medansatu.com/angga)

MEDANSATU.COM, Medan – Inilah kesan 34 siswa/i SMA asal Papua Barat selama 7 hari berada di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Mereka bilang Medan seperti…

Kesan mereka terhadap Medan dan Sumatera Utara mereka sampaikan dalam penutupan pertukaran pelajar yang prakasai PT KIM dan perusahaan BUMN di Hotel Emerald Garden, Medan, Rabu (15/8).

Salah satunya adalah Very Yanto Mansim, siswa SMAN 3 Manokwari. Dia mengatakan, ia dan teman-temannya banyak mendapat ilmu dan pengalaman di selama di Sumut.

“Banyak yang saya belum tahu tentang Medan dan Sumut, namun setelah saya ikut pertukaran pelajar, mata saya terbuka. Saya tahu Danau Toba dan budaya lainnya yang ada di sini,” ungkapnya.

(medansatu.com/angga)

Very mengatakan, Danau Toba sangat besar dan luas di banding Danau Anggi yang ada di Manokwari. “Danau Toba besar dan luas, penduduknya juga ramah. Kalau di Papua berbeda, bila kita bertanya, mereka malah balik bertanya,” akunya.

Anak pertama dari 5 bersaudara pasangan Marinus Mansin-Mingga Veronica itu mengatakan, ia dan teman-temannya akan melanjutkan kuliah di Universitas Sumatera Utara (USU) Medan setamat SMA. “Saya ingin kuliah di USU mengambil jurusan Hukum,” jelasnya.

Hal serupa di ungkapkan Retno Dinda Pratiwi, siswi SMKN 3 Manokwari. Ia mengatakan kagum dengan budaya Batak. “Saya senang dengan budaya adat istiadat di Sumut, khususnya adat Batak,” jelas Dinda, suku Jawa yang lahir dan besar di Papua Barat.

Bersama rekannya dari Papua, Dinda juga mengunjungi Istana Maimun dan Masjid Raya. “Kami berkunjung ke Istana Maimun dan Masjid Raya Al Mashun,” jelasnya. (medansatu.com/angga)

loading...
Loading...
Loading...